Sabtu, 06 Oktober 2012

10 TIPS KESEHATAN SAAT KERJA LEMBUR SAMPAI PAGI



TIPS  BEGADANG
1. Siapkan Air Putih dan Madu

Stamina ketika begadang tentu saja sangat menguras energy kita,sedangkan  cadangan energy dalam tubuh ini semakin menipis,diteruskan banyaknya warung yang sudah tutup sehingga tidak bias mencari energy cadangan ( Nich Kebiasaan saya Kawan ,kalau malam sering kelaparan) Oleh karenanya Minum Air putih dan madu sangat membantu menjaga stamina saat begadang.Siapkan sebelum acar ini dimulai. Anda juga bias menggantinya dengan wedang Jahe agar badan terasa lebih hangat saat melakukan aktifitas malam hari,enak juga koq kalau dicampur dengan madu.

2. Hindari Angin Malam Secara langsung

Angin malam memang memberikan dampak yang kurang baik jika mengenai kita secara langsung,karenanya gunakan jacket atau baju Double jika kondisi badan anda kurang fit,jangan memaksakan diri ketika begadang dengan baju tipis,hal ini bisa mengakibatkan kta terserang masuk angin.Kalau merasa tersiksa dengan hembusan angin malam segera masuk kedalam ruangan saja,dikamar istri juga lagi nungguin koq.Geeeeeeerrrrrrrrr.>>>!!!!

3. Minum telur setengah matang

Capek memang saat kita bangun paggi sehabis begadang,untuk menjaga stamina awal,minumtelur setengah matang sangatlah membantu.Agar stamina kita tidak drop saat bangun dipagi hari.Kandungan gizi dalam telur dipercaya sebagai penguat stamina.Telurnya setengah matang ? Kenapa ? karena dalam kadar setengah matang adalah posisi yang sangat pass untuk keutuhan zat gizi yang terkandung dalam telur,karena banyak sekali gizi dan vitamin yang akan g\hilang ketika telur yang kita siapkan tersebut terlalu matang.Ini diakibatkan dari proses pemanasan pada telur tersebut.Agar lebih berasa biasanya orang kampong saya mencampur nya dengan bubuk merica plus sedikit garam agar rasanya tidak hambar>kalau ada gunakan telur ayam kampong saja, telur Ayam Ras banyak mengandung konsentrat dan obat-obatan yang notabene bercampur dengan banyak bahan kimia yang tidak menyehatkan

4. Makanlah makanan yang sehat

Teory kesehatan disekolah dasar dulu,makanan yang sehat merupakan benteng dari segala penyakit.Makanan sehat untuk Anda yang begadang malam adalah buah-buahan dan sayur-sayuran, hindari makanan-makanan berat yang memaksa kerja lambung Anda seperti makan daging, nasi dalam jumlah yang banyak.Tapi biasanya kita sangat suka mie Instan gimana? Hal ini sangat tidak direkomendasikan kawan,kecuali sudah nggak ada lagi stok makanan diKulkas anda.

5. Lakukan Relaksasi atau Senam Ringan

Ketika berhadapan dengan laptop terus atau dengan computer dirumah tentu saja badan capek dan pegal-pegal pasti terasa,lakukan break sebentar lakukan olah-raga ringan,dalam bahasa saya “ Ngeluk Boyok “ Gerakan –gerakan ringan ini tentunya akan memberikan relaksasi tersendiri bagi tubuh kita.Terlalu serius dengan kegiatan Anda saat begadang akan mengakibatkan urat-urat syaraf Anda tegang. Lakukanlah olah raga ringan seperti menggerak-gerakkan kepala, pergelangan tangan atau kaki untuk membuat Anda lebih rilex dan kembali fit sebelum melanjutkan tugas-tugas malam Anda,bikin gerakan senam Otak sebentar saja,setelah fresh lanjutkan lagi kegiatan anada.
.
6. Hindari minum kopi Ganti dengan point Pertama.

Ini Yang Teramat sulit bagi saya pribadi,akan tetapi saya harus katakana pada anda semuanya.Bagi Anda yang memang pecandu kopi sebaiknya kurangi minum kopi saat begadang. Kafein dalam kopi kurang baik dikonsumsi secara berlebihan, namun minuman tersebut terbukti cukup efektif menjaga ritme jantung sepanjang malam. tapi jika dalam dosis berlebih bisa membuat jantung kurang sehat.MAklumlah kalau orang Tulungagung terkenal demen banget dengan kopi .

7.Jika anda perokok,jangan lebih dari 3 Batang 

Memang sangat asyik malam hari saat kita begadang ditemani kopi ama rokok,dokter manapun akan mengatakan bahwa rokok ini bukan kebiasaan yang baik bahkan bias menimbulkan banyak penyakit ( Lihat diiklan Rokok ),Nach kalau anda memang SEOrang pecandu rokok dan sedang menikmati kerja malam hari,saran saya Jangan merokok terlalu banyak.Karena pada saat malam hari udara terasa sangat dingin,hal ini secara rumus fisika membuat apa yang terbentuk dari gas akan turun .Kemungkinan yang terburuk ketika kita menghisap rokok,karena kondisi dingin ini,penyerapan terhadap nikotin dan Tar akan meningkat,karena asap yang anda hisap tadi banyak yang turun ata masuk keparu-paru.

8.Gunakan sebagai penghangat Tubuh anda Minyak kayu putih atau minyak Telon

Ini termasuk dalam ritual begadang saya kawan,kedengarannya memang kayak anak bayi saja,akan tetapi ini sangat membantu menjaga stamina kita saat begadang ini berlangsung.Badan kita terasa hangat juga otak kitapun terkena relaksasi dengan aroma teraphy yang ditimbulkan wangi minyak kayu putih dan minyak telon.

9.Sebagai antisipasi Siapkan Obat Anti masuk angin

Sangat saya anjurkan karena pada waktu malam hari banyak took yang tutup dan kagak jualan yang beginian,karena yang punya took sudah pada tidur.Persediaan obat anti masuk angin ini berguna sebagai pertolongan pertama jika memang anda merasa akan = KO dalam perjalanan begadang anda.

10. Di pagi hari Jangan Langsung Mandi Setelah begadang

Badan kita  yang kurang istirahat tentunya kondisi internalnya sangat panas, Anda bisa bayangkan jika tubuh sedang panas langsung diguyur dengan Air dingin, bisa dipastikan minimal akan terkena flu. Setelah begadang Usahakanlah tidur sebentar (meskipun hanya 1 jam) sebelum Anda Mandi,Tapi kalau hari itu merupakan hari libur saya sarankan untuk “ Bayar Hutang Tidur” anda.

Inspired by :
http://kesehatan.kompasiana.com/alternatif/2012/09/18/7-tips-menjaga-kesehatan-saat-begadang-malam/

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Enterprise Project Management